Monday, June 25, 2012

BIOLOGI SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN UMUM

Biologi adalah suatu ilmu tentang kehidupan. Untuk mengenal hakekat hidup serta alam kehidupan diperlukan suatu cara atau metode. Sebagaimana ilmu-ilmu yang lain, dalam biologipun kita harus mempelajari buku-buku dan laporan-laporan yang telah ditulis oleh para ilmuwan lainnya, akan tetapi ini saja sudah tentu tidak cukup. Ilmu selalu bertujuan untuk mencari kebenaran. Namun ilmu tidak akan dapat membawa kita pada kebenaran mutlak. Oleh karena itu seorang ilmuwan tidak boleh percaya begitu saja pada laporan-laporan yang telah ditulis oleh ahli-ahli lainnya.
Seorang ilmuwan harus melakukan pengamatan-pengamatan dan percobaan-percobaan sendiri di dalam laboratorium untuk menguji kebenaran dan kesimpulan-kesimpulan yang telah didapatkan oleh ahli-ahli lainnya, atau
menemukan ilmu-ilmu yang baru. Pekerjaan seorang ahli saja masih belum merupakan suatu ilmu bila hasil pekerjaannya itu tidak dapat diperkuat oleh ahli lainnya atau tidak dapat diulangi oleh orang lain.
Pengujian atau hasil pekerjaan seorang ahli hanya dapat dilakukan jika ahli lain mengetahui pekerjaannya. Oleh karena itu ia harus dapat melaporkan dengan lengkap dan teliti apa yang telah dikerjakannya dan apa yang telah diamatinya.
A. Pengertian Biologi
Telah disebutkan di bagian atas bahwa untuk mengenal hakekat hidup serta alam kehidupan diperlukan suatu cara atau metode. Biologi yang merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang materi dan energi yang berhubungan dengan makhluk serta proses-proses kehidupan.
Apakah sesungguhnya bhologi itu?. Kata biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu; “Bios” berarti “hidup” dan “Logos” berarti “ilmu” atau “belajar tentang”. Jadi biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sesuatu yang hidup serta masalah-masalah yang menyangkut hidupnya. Karena telah merupakan kenyataan, sesungguhnya sejak permulaan kehidupannya di bumi ini, manusia telah dihadapkan pada masalah-masalah yang senantiasa berhubungan dengan kehidupannya.
Seperti ilmu-ilmu yang lain, biologi juga merupakan suatu data penyelidikan tentang kejadian-kejadian serta masalah-masalah yang perlu untuk dimengerti dan dipecahkan. Misalnya saja penyakit, kebersihan, makanan dan sebagainya.
Timbulnya masalah itu menyebabkan manusia berpikir untuk mencari sebab-sebabnya yang diteruskan dengan cara-cara pemecahannya. Jadi sesungguhnya biologi itu timbul dari rasa ingin tahu terhadap dirinya dan kehidupan-kehidupan lainnya.
Biologi mempelajari semua makhluk hidup tidak saja tumbuhan dan binatang yang hidup di bumi sekarang ini, tetapi juga tumbuhan dan binatang yang telah hidup di masa lampau. Dengan demikian definisi yang lebih baik dari biologi adalah “ilmu tentang makhluk hidup”.
Para ahli biologi telah menggambarkan dan memberi nama hampir satu setengah juta jenis tumbuhan dan binatang yang masih hidup, serta mereka telah menggambarkan dan memberi nama hampir satu juta tumbuhan dan binatang yang telah hidup dan mati pada masa lampau.
Secara morfologis dan anatomis diantara makhluk hidup itu sendiri terdapat perbedaan-perbedaan dan persamaan-persamaan.Coba perhatikan perbedaan antara tumbuhan, binatang, dan manusia, tentunya banyak sekali perbedaan-perbadaannya.
Biologi juga ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara makhluk hidup dengan yang lainnya. Misalnya, apakah kita akan melindungi rusa-rusa yang hidup di hutan dengan membunuh harimau-harimaunya?. Tampaknya demikianlah jalan yang paling baik, tetapi kita harus ingat bahwa dengan tidak adanya harimau yang memangsa rusa, maka perkembang biakan rusa tersebut akan berjalan sangat cepat. Hal ini dapat mengakibatkan tumbuh-tumbuhan makanan rusa yang ada di hutan akan habis dimakan oleh rusa itu, yang pada selanjutnya rusa-rusa tersebut akan mencari makanan keluar hutan. Dalam pencarian makanan tersebut besar kemungkinan rusa-rusa itu merusak lahan pertanian yang diusahakan penduduk. Jadi di sini dapat kita lihat bahwa dengan membunuh harimau tersebut kita telah merusak keseimbangan alam.
Dengan uraian di atas, sekarang kita akan dapat menduga bahwa biologi adalah juga mengenai kita, kehidupan kita, kelakuan kita, kesehatan kita dan bahkan masa depan kita, karena seperti ilmu-ilmu lainnya biologi menekankan pada masa yang akan datang.
Dengan kemajuan-kemajuan teknologi yang dicapai oleh manusia, akhir-akhir ini telah banyak penemuan-penemuan baru yang dapat diperunakan oleh umat manusia untuk kesejahteraannya seperti dibidang kesehatan, pertanian, perikanan dan sebagainya.
Cabang-cabang Biologi
Sejak kebudayaan Yunani, timbulah fase baru bagi perkembangan biologi. Gejala-gejala yang tibul di alam sudah mulai disadari oleh anggota-anggota kelompok masyarakat, sehingga mereka tidak tergantung lagi pada seseorang yang pada waktu itu dianggap sebagai pemukanya. Misalnya saja dalam masalah pengobatan penyakit, mereka akan mau mengerjakan apa saja yang dikatakan dukun atau tukang sihir, walaupun apa yang dikatakan oleh dukun atau tukang sihir tersebut tidak masuk di akal atau bertentangan dengan logika.
Dengan ikut sertanya masyarakat berpartisipasi dalam menangani masalah-masalah yang mereka hadapi, khususnya masalah-masalah biologi, maka penngetahuan mengenai biologi semakin berkembang.
Perkembangan yang sangat pesat ini dapat kita lihat dengan timbulnyailmu-ilmu yang merupakan cabang biologi. Secara umum berdasarkan jenis organisme yang dipelajarinya, biologi dapat dibagi menjadi:
a. Botani : Mempelajari semua segi kehidupan tumbuh-tumbuhan.
b. Zoologi : Mempelajari semua segi kehidupan binatang.
Berdasarkan segi-segi tertentu dari organisme yang dipelajarinya, biologi dapat dibagi dalam beberapa cabang, diantaranya:
a. Morfologi : Mempelajari bentuk dan struktur suatu organisme.
b. Fisiologi : Mempelajari kefaalan/cara kerja dari tubuh suatu organisme.
c. Embriologi : Mempelajari perkembangan suatu organisme dari mulai zigot sampai menjadi dewasa.
d. Ekologi : Mempelajari interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
e. Mikrobiologi : Mempelajari organisme yang berukuran mikroskopis.
f. Taksonomi : Mempelajari klasifikasi/penggolongan tumbuh-tumbuhan dan binatang.
g. Genetika : Mempelajari tentang cara menurunnya sifat-sifat pada makhluk hidup.
h. Evolusi : Mempelajari suksesi atau perubahan-perubahan dari jenis makhluk hidup di dalam sejarah bumi.
i. Sitologi : Mempelajari susunan dan fungsi sel.
Sesungguhnya masih banyak cabang-cabang biologi lainnya, terutama cabang biologi yang baru sebagai hasil penemuan para ahli di abad sekarang ini.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment